Ukuran Batu Bata Merah SNI dan Harganya

Ukuran Batu Bata Merah – Batu bata merah merupakan salah satu bahan atau material untuk membangun rumah. Batu bata  biasanya digunakan untuk membuat dinding bangunan.

Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga berwarna kemerah-merahan. Perkembangnya teknologi yang sangat cepat, mengakibatkan material yang satu ini jarang atau mulai sedikit bangunan yang menggunakan.

Ukuran Batu Bata Merah

ukuran batu bata

Dilansir dari situs Ukuran.co, disebutkan bahwa SNI telah menentukan standar ukuran bagi batu bata merah yaitu mempunyai panjang 240 mm, lebarnya 115 mm, serta tinggi 52 mm.

Karena  ada bahan material lain yang lebih bagus dan murah, seperti gipsum atau bahan material lainnya. Batu bata merupakan  material yang banyak digunakan lantaran memiliki harga yang lebih terjangkau untuk kalangan masyarakat Indonesia.

Karena itulah, jika anda hidup di daerah pedesaan maka banyak menjumpai rumah dengan material batu bata merah. Dibawah ini beberapa hal terkait dengan batu bata merah.

Harga Batu Bata Terbaru

Jenis Satuan Harga
Batu Bata Press buah 450
Batu Bata Expos buah 1300
Batu Bata Kalipucang buah 400
Batu Bata Jumbo buah 1450
Bata Merah (biasa) buah 600
Bata Merah (oven) buah 850
Batu Kali Belah m3 185.250
Batu Split pick up 270.250
Batu Split truk 1.270.250
Batu Knecker m3 210.250
Batu Candi (30 x 30) m2 120.250
Batu Andesit (30 x 30) m2 160.250
Batu Bali 10 kg 70.250

Harga batu bata dengan harga batu bata merah memang berbeda. Harga bata merah juga tergantung dengan spesifikasinya, seperti batu bata merah oven sekitar Rp 1000/ biji sedangka batu bata merah biasa Rp 750/ biji. Untuk harga batako dijual Rp 3.750/ biji.

Untuk harga setiap jenis batu bata berbeda-beda tergantung dengan penjual dan  daerah pembuatan. Sebab tidak semua penjual batu bata mematok harga yang sama, bisa lebih murah dan bisa lebih mahal. Karena itu, sebelum anda membeli batu bata lebih baik melakukan survei terlebih dahulu.

Jenis Batu Bata

Batu bata terdiri dari dua jenis, yaitu batu bata yang terbuat dari tanah liat dan batu bata yang terbuat dari pasir-kapur. Untuk batu bata tanah liat dibagi lagi  menjadi dua kategori, yaitu bata muka dan bata biasa.

Untuk bata biasa memiliki ciri khas yaitu pada permukaan serta warna yang tidak menentu. Bata jenis ini sering disebut juga  dengan batu  bata merah. Sebab setelah kering batu jenis ini akan berwarna merah. Untuk ukuran  bata merah kebanyakan berukuran persegi panjang yang tidak terlalu besar.

Sementara bata muka mempunyai permukaan yang lebih baik dan warna serta corak yang lebih seragam.  Selain digunakan untuk dinding, bata jenis bata muka juga dipakai untuk penutup dinding dan dekorasi.

Jenis batu bata pasir dan kapur terbuat dari campuran kapur dan pasir dengan perbandingan 1 : 8. Batu bata jenis ini biasa dikenal dengan batako. Batako pada umumnya terbuat dibuat dari campuran semen dan pasir kasar lalu dicetak padat atau di-press.

Setelah itu batako dijemur hingga kering. Ukuran batu bata lebih besar dibandingkan dengan ukuran batu bata merah. Batako mempunyai berat yang lebih ringan dari pada bata merah  dengan tekstur yang lebih halus dari bata merah. Penggunaan batako untuk membuat dinding bangunan  akan membuat ruangan lebih hangat. Sekian beberapa info mengenai daftar ukuran dan harga batu bata merah berbagai ukuran ukuran, semoga bermanfaat.