Daftar Harga Seng Galvalum Gelombang: Atap Ringan dan Kuat untuk Bangunan Anda
6 mins read

Daftar Harga Seng Galvalum Gelombang: Atap Ringan dan Kuat untuk Bangunan Anda

Harga Seng Galvalum – Seng adalah komponen penting dalam konstruksi bangunan, termasuk rumah dan gedung. Dalam era yang terus berkembang, seng telah mengalami perkembangan signifikan dalam hal ketahanan dan kekuatan. Salah satu varian seng yang patut diperhitungkan adalah seng galvalum, yang terbukti lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan seng besi konvensional.

Apa Itu Seng Galvalum?

Seng galvalum adalah jenis atap bangunan yang ringan dan bergelombang, terbuat dari campuran bahan-bahan seperti 43% seng, 55% aluminium, dan 1,5% silikon. Kombinasi ini memberikan sifat-sifat yang membuatnya mudah dibentuk, kokoh, awet, dan tahan terhadap korosi.

Seng galvalum merupakan baja berkualitas tinggi yang ringan dan tipis. Singkatan “galvalum” sendiri berasal dari kata “Galvanis” dan “Aluminium”. Meskipun tipis, seng galvalum tidak mudah rusak dan memiliki daya tahan yang luar biasa.

Di Indonesia, beberapa produsen seng mencampurkan bahan-bahan tersebut untuk meningkatkan kelenturan atap, kekuatan, dan kemampuan untuk dibentuk dalam berbagai ukuran dan model.

Ketebalan seng galvalum umumnya berkisar antara 0,3 mm, 0,35 mm, 0,40 mm, hingga 0,5 mm, dengan panjang mulai dari 3 hingga 6 meter. Lebar seng gelombang biasanya sekitar 1 meter dan 75 cm. Ukuran yang disebutkan ini tersedia di banyak toko bangunan, tetapi jika Anda memerlukan ukuran khusus, biasanya toko akan menerima pemesanan kustom jika dalam jumlah yang cukup besar.

Fungsi Seng Galvalum

Seng galvalum memiliki banyak fungsi, antara lain:

  1. Sebagai Atap Rumah: Seng galvalum cocok digunakan untuk berbagai jenis bangunan, termasuk rumah. Pemasangan yang baik diperlukan untuk menjaga suhu di dalam bangunan dan mengurangi kebisingan.
  2. Atap Bangunan Besar (Pabrik): Seng galvalum juga cocok untuk bangunan berukuran besar seperti pabrik. Berbagai ukuran seng galvalum, termasuk yang berpanjang 6 meter, memungkinkan pilihan yang sesuai untuk berbagai kebutuhan.
  3. Atap Carport: Seng galvalum bergelombang bisa digunakan sebagai atap pelindung carport. Harganya terjangkau, dan beratnya ringan.
Baca Juga:  Daftar Harga Tandon Air 250 Liter ke Atas Terbaru

Ukuran Atap Seng Galvalum per Lembar

Anda dapat menemukan seng galvalum dengan berbagai ukuran di toko-toko material bangunan, depot konstruksi, distributor, dan agen bahan bangunan. Panjangnya mulai dari 3 meter, 4 meter, 5 meter, hingga 6 meter, dengan berbagai ketebalan mulai dari 0,25 mm hingga 0,50 mm. Lebar seng gelombang biasanya berkisar antara 600 mm hingga 1000 mm.

Jika Anda memerlukan ukuran yang spesifik, Anda dapat memesannya secara kustom sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda, bahkan hingga 12 meter.

Jenis-Jenis Seng Galvalum

seng galvalum

Ada berbagai jenis seng galvalum yang tersedia, termasuk atap seng galvalum standar, atap seng pasir, atap seng lengkung, atap seng gelombang kecil, atap seng gelombang besar, seng berwarna, seng laminasi, dan seng bening/transparan. Panjang seng galvalum juga bervariasi mulai dari 3 meter, 4 meter, 5 meter, hingga 6 meter.

Pilihan gelombang seng juga beragam, termasuk gelombang 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 12, dan banyak lainnya. Selain itu, ada berbagai pilihan warna, mulai dari warna alami/silver, merah, biru, hijau, abu-abu, krim, cokelat, putih, hingga hitam.

Kelebihan Seng Galvalum

Seng galvalum memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya:

  1. Mudah Dipasang: Proses pemasangan seng galvalum relatif mudah dan dapat mempercepat konstruksi bangunan. Pengerjaan atap rumah tipe 36, misalnya, bisa selesai dalam satu minggu jika menggunakan seng galvalum.
  2. Tipis dan Ringan: Seng galvalum tipis dan ringan, membuatnya lebih mudah dipindahkan daripada bahan bangunan lain seperti triplek.
  3. Meningkatkan Ketahanan Bangunan: Seng galvalum dapat membuat bangunan lebih kuat, terutama di daerah yang rentan terhadap bencana alam.
  4. Anti Rayap: Seng galvalum adalah material anti rayap, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang serangan rayap pada atap rumah Anda.
  5. Tahan Lama dan Awet: Seng galvalum memiliki daya tahan yang baik dan sangat cocok untuk berbagai jenis bangunan, termasuk rumah, gudang, dan pabrik.
  6. Harga Terjangkau: Dibandingkan dengan bahan bangunan lain, harga seng galvalum relatif terjangkau. Selain itu, seng galvalum memiliki umur pakai yang cukup lama, sehingga dapat menghemat biaya pembangunan atau renovasi.
Baca Juga:  Daftar Harga Besi Beton Terupdate 2024: Jenis, Ukuran, dan Keunggulannya

Namun, penting untuk memperhatikan bahwa seng galvalum memiliki kekakuan tertentu, sehingga pemasangannya memerlukan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang rapi dan presisi.

Kekurangan Seng Galvalum

Meskipun memiliki banyak keunggulan, seng galvalum juga memiliki beberapa kekurangan:

  1. Lebih Cepat Berkarat: Meskipun seng galvalum tahan terhadap korosi, tetapi jika lapisan zinc coating-nya rusak, maka seng galvalum bisa lebih mudah berkarat dibandingkan dengan seng baja galvanis.
  2. Hujan Deras: Saat hujan deras, seng galvalum dapat menghasilkan bunyi yang cukup keras, yang dapat mengganggu kenyamanan di dalam bangunan.

Harga Seng Galvalum

Harga seng galvalum bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran, ketebalan, jenis seng galvalum, merek, dan wilayah geografis. Berikut ini perkiraan harga seng galvalum per lembar (ukuran standar) di Indonesia:

  1. Seng Galvalum 0,25 mm: Harga mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 100.000 per lembar.
  2. Seng Galvalum 0,30 mm: Harga berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 130.000 per lembar.
  3. Seng Galvalum 0,35 mm: Harga mulai dari Rp 130.000 hingga Rp 160.000 per lembar.
  4. Seng Galvalum 0,40 mm: Harga berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 190.000 per lembar.
  5. Seng Galvalum 0,50 mm: Harga mulai dari Rp 170.000 hingga Rp 220.000 per lembar.

Harga bisa lebih tinggi jika Anda memilih jenis seng galvalum yang lebih spesifik atau merek tertentu. Selain itu, harga seng galvalum juga dapat berbeda-beda antar daerah di Indonesia.

Seng galvalum adalah pilihan yang sangat baik untuk atap bangunan Anda. Ringan, tahan lama, dan terjangkau, seng galvalum memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya salah satu bahan konstruksi yang paling diminati di Indonesia. Namun, pastikan Anda memilih jenis dan ketebalan seng galvalum yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda, dan lakukan pemasangan dengan hati-hati untuk memastikan hasil yang optimal.

Baca Juga:  Daftar Harga Plafon PVC Terbaru dan Terupdate

Jika Anda mempertimbangkan menggunakan seng galvalum untuk proyek konstruksi Anda, pastikan untuk memeriksa berbagai merek dan ukuran yang tersedia di pasar, serta membandingkan harga agar Anda mendapatkan penawaran terbaik untuk kebutuhan Anda. Dengan seng galvalum, Anda bisa memiliki atap yang kuat, tahan lama, dan tampilan yang menarik untuk bangunan Anda.