Ragam Ukuran, Jenis dan Harga Batu Bata Terbaru 2021

Mengenal karakteristik material batu bata ✅ Ragam ukuran dan jenis terbaik ✅ kelebihan kekurangan. serta harga batu bata terbaru 2021 ✅

Salah satu bahan material terpenting pada suatu konstruksi adalah batu bata. Terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerahan. Biasanya pembuat bata masih banyak di pedesaan. Di kota besar seperti Jakarta sudah tidak bisa ditemui lagi.

Material yang satu ini ada banyak jenisnya. Biasanya bata terbagi menjadi dua kategori, kategori pertama yaitu bata biasa. Jenis bata ini memiliki permukaan dan warna yang tidak tentu.

Biasanya digunakan untuk dinding dengan campuran semen sebagai pengikat. Orang awam biasa menyebut bata ini dengan sebutan bata merah. Berikut daftar harga batu bata terbaru yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Harga Batu Bata Terbaru 2021 :

harga batu bata

Harga batu bata sekarang ini relatif lebih mahal jika dibandingkan bata ringan. Semakin lama penggunaan bata sebagai material bangunan, sudah semakin menurun. Kegunaannya digantikan oleh batako atau bata ringan.

Spesifikasi Satuan Harga
Bata Belanda buah Rp 1.000
Batu Kali Belah m3 Rp 185.000
Batu Bata Merah (biasa) biji Rp 480
Batu Bata Merah (oven) biji Rp 750
Batu Knecker m3 Rp 211.200
Batu Candi (30 x 30) m2 Rp 121.200
Batu Andesit (30 x 30) m2 Rp 161.200
Batu Bali 10 kg Rp 71.200
Bata merah Press Jumbo buah Rp 650
Bata merah Press Vulkanik buah Rp 750
Bata merah Malang buah Rp 450
Bata merah Ekspose buah Rp 1.250
Bata Ringan Hebel m3 Rp 730.000
Bata Ringan Voscon m3 Rp 650.000
Bata Ringan 10x20x60cm buah Rp 10.000
Bata Ringan 7,5x20x60cm buah Rp 7.800
Bata Ringan 10x20x60cm m3 Rp 750.000
Bata Ringan 7,5x20x60cm m3 Rp 585.000

Jenis-jenis Batu Bata

batu bata

1. Bata Merah

Ukuran bata merah biasanya tidak terlalu besar, berbeda dengan batako. Sehingga jika membangun menggunakan material ini akan membutuhkan banyak material. Penggunaan bata sebagai material konstruksi telah dilakukan sejak lama.

Karena dibuat dari tanah liat, ini menjadikan dinding rumah yang terbuat dari bata lebih terasa sejuk. Jarang sekali ditemukan keretakan pada dinding yang dibangun menggunakan bata, karena bata sangat kokoh dan tahan terhadap segala cuaca.

2. Batu Batako

Semakin banyak material dari batako atau bata ringan membuat harga bata merah menjadi mahal. Karena bahan bangunan seperti bata ringan dan batako biasanya terbuat dari pasir, yang notabene lebih mudah didapat dibanding tanah liat. Sehingga harganya bisa lebih murah dibanding harga batu bata.

3. Bata Muka

Kategori kedua adalah bata muka. Material ini memiliki permukaan yang licin dan corak warna yang seragam. Selain bisa digunakan untuk dinding, juga bisa digunakan untuk dekorasi.

Ukuran batu bata ini biasanya tidak terlalu besar hanya sekitar 17 sampai 23 cm, dengan lebar 7-11cm. Ukuran ini jelas lebih kecil jika dibandingkan dengan batako, atau bata ringan.

4. Bata Pasir Kapur

Selain dua kategori tersebut ada lagi jenis bata pasir kapur. Sesuai namanya, jenis bata ini merupakan campuran kapur dan pasir dengan air yang dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk bata.

Harga bata ini biasanya dihitung per buah. Harga ini disesuaikan juga dengan jenisnya. harga bata pasir kapur pasti berbeda dengan harga bata merah. Sehingga setiap jenis bata memiliki harga berbeda-beda.

Demikianlah beberapa jenis bata. Sebelum membeli bata yang diinginkan, sebaiknya ketahui dulu bata jenis apa yang akan dipakai. Karena jenis bata akan menentukan harga batu bata tersebut.

Artikel Terbaru Lainnya :
Harga Bata Ringan Harga Triplek
Harga HPL Harga Pipa PVC

Jika sudah menentukan bata apa yang akan dipakai, Anda bisa mulai membuat anggaran biaya bangunan. Dengan begitu biaya untuk membangun rumah akan diketahui di awal. Bata yang dibutuhkan untuk membangun juga pasti banyak, untuk itu belilah bata secara bertahap.